.:: BERWIBAWA KETIKA PUASA ::.

Seorang mukmin yang berpuasa, dia akan menjadi orang yang sangat berwibawa. Karena upaya mereka untuk menjaga diri dari setiap maksiat dan perbuatan yang menurunkan martabat.

Dari Abu Hurairah رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ, Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم bersabda, فَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ، وَلاَ يَجْهَلْ ، فَإِنْ شَاتَمَهُ أَحَدٌ ، أَوْ قَاتَلَهُ ، فَلْيَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، مَرَّتَيْنِ ، Jika kamu sedang berpuasa, janganlah berkata rafats (jorok), berteriak-teriak dan bersikap bodoh (maksiat). Jika ada yang memaki atau mengajak bertengkar, katakanlah, “Saya sedang puasa” 2x” (HR. Ahmad 7693, Bukhari 1904 dan Nasa’i 2216). 

Dalam sebuah riwayat, sahabat Jabir رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ mengingatkan, إذا صمت فليصم سمعك ، وبصرك من المحارم ، ولسانك من الكذب ، ودع أذى الجار ، وليكن عليك وقار وسكينة ، ولا تجعل يوم صومك ويوم فطرك سواء Jika kamu berpuasa, maka puasakanlah pendengaranmu, penglihatanmu dari segala yang haram, dan jagalah lisanmu dari kedustaan. Hindari mengganggu tetangga. Jadikan diri anda orang yang berwibawa dan tenang selama puasa. Jangan jadikan suasana hari puasamu sama dengan hari ketika tidak puasa. (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Sumber: أُسْتَاذُ Ammi Nut Baits

#ramadan_countdown

Silakan share Śεм☺ƍά bermanfaat, menginspirasi ϑαη menjadi bahan renungan bagi sahabat Чαπƍ lain... ({})

Source: BC
Beri komentar dan tanggapan anda disini :


Dapatkan Article Terbaru ke Email kawan,
Masukkan Alamat Email,
lalu klik link konfirmasi yg terkirim ke Email kalian:
  
Another Post by SaputraMZ